Sabtu, 06 Juli 2013

Jangan Meratapi Pilihan, Pilih Saja Lalu Laksanakan




Masih banyak orang yang terjebak dalam memilih sesuatu untuk dia lakukan. Sungguh kita hidup di dunia ini adalah memilih, bukankah orang bilang hidup itu juga pilihan. Coba kita berpikir secara logis saja, kenapa sih.

Memilih apa susahnya?...kadang kita dipermainkan oleh pilihan, sudah jauh memikirkan apa yang akan terjadi, padahal pilihan saja belum di ambil, mengapa kita sudah meramalkan akan terjadi seperti apa yang kita ucapkan.

Ada sebuah kata yang menarik untuk kita pikirkan, “lebih baik stress dalam menjalankan daripada stress dalam memilih”. Bayangkan saja berapa lama waktu kita terbuang kalau kita hanya memikirkan pilihan apa yang akan dipilih. Sementara itu waktu kita terus berjalan. Tidakkah kita memikirkan hal itu.

Tetapi kalau kita memutuskan memilih dan langsung melaksanakannya, itu akan lebih baik. Dengan memilih dan melaksanakannya lah kita akan tau rasanya bagaimana. Sehingga waktu kita tidak terbuang sia-sia. Kalaupun pilihan kita tidak sesuai karena kita sudah merasakannya. Kembali saja ke awal memilih pilihan yang belum dipilih dan kerjakan lagi pilihan kita itu.

Tapi sayangnya banyak orang yang masih saja terjebak, lebih asyik meratapi pilihan yang belum dipilihnya. Akhirnya yang ada hanyalah menyia-nyiakan waktu. Seandainya, misal, kita tetap saja bersikeras meratapi pilihan, lalu wajah kita keluhkan mengapa wajahku begini dan begitu. Bukankan sudah kita pilih wajah kita seperti ini adanya. Jadi tak usah diratapi, terima dan jalani saja itu lebih baik.

Adalagi situasi di organisasi, misalnya dalam menggelar rapat. Banyak kita temui seorang ketua memikirkan mereka yang tidak hadir atau yang terlambat datang, biasaya rapat akan dimulai apabila terkumpul semua padahal, molornya waktu cukup lama hanya gara-gara yang terlambat.

Seharusnya pemimpin lebih memperhatikan mereka yang datang tepat waktu, yang sudah berada ditempat. Bukankan mereka yang tidak hadir itu sudah diberitahu jam berapa akan dilaksanakan rapat. Sangat tidak etis menunggu mereka yang tidak hadir atau terlambat dalam mengikuti rapat.

Disinilah kita harus memilih, rapat dijalankan sekarang dengan menghargai mereka yang sudah hadir tepat waktu, jangan meratapi mereka yang belum tentu hadir dalam rapat. Berarti rapatnya di lanjutkan saja. Saya kira kalau teman-teman adalah sahabat NOAH, pasti bilang – lanjuuuut --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar