Kamis, 07 Maret 2013

Si Mancung Yang Banyak di Incar





Kalimantan terkenal dengan populasi hewan Bekantan, terlebih dengan Kalimantan Selatan. Kini Bekantan menjadi ikon Kalsel yang keberadaannya dijaga dan dilindungi oleh pemerintah, namun kini populasinya mulai terancam punah. Hanya tersisa 50 persen atau sebanyak 300 ekor saja.
Keberadaanya tersebut di berbagai daerah di Kalsel seperti di Marga Satwa Kuala Lupak Barito Kuala, di Pulau Kaget, Pulau Kembang, dan Pulau Bakut.

Bekantan merupakan salah satu binatang yang unik dan lucu, dengan hidung mancung dan selalu bergelantungan dipohon menjadi daya tarik bagi yang melihatnya.

Tak ayal bentuk dan rupanya banyak dibuat orang menjadi suvenir khas daerah, mulai dari boneka, baju, bahkan gantungan kunci. Dan ternyata memiliki nilai jual yang tinggi.

Suvenir yang satu ini begitu banyak dijual ditoko-toko suvenir khas Banjarmasin. Salah satunya Toko Wulan Jaya yang terletak di Jalan Pangeran Samudera Ruko Pasa Pagi No. 6. 

Boneka Bekantan merupakan oleh-oleh yang begitu banyak diminati oleh wisatawan. Berciri khas dengan warna kuning, boneka ini terbuat dari dua bahan yakni bahan kain yang lembut dan kain yang relatif. Ukurannya pun ada yang kecil ada juga yang besar.

“Kalau yang kecil biasanya dibeli untuk anak-anak, yang besar bisa buat tidur atau hiasan, tergantung pembeli,” ujar karyawan Toko Wulan Jaya, Nadia.

Sedangkan gantungan kunci dan baju juga bervariasi dengan harga yang bervariasi pula. “Intinya memang tergantung bahan pembuatan aja, kalau yang bagus ya sedikit mahal, kalau yang biasanya harganya juga biasa,” katanya.

Pembelinya tak hanya dari dalam daerah, tetapi juga luar daerah seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. “Daerah Jawa yang paling banyak membeli oleh-oleh bekantan ini,” ungkap nadia.

Menurutnya perawatan boneka, baju dan gantungan kunci bekantan itu bisa dibilang mudah, intinya tergantung perawatan yang dilakukan oleh pembeli.

 “Tapi untuk bekantan, bagi yang membeli langsung kami bungkus dengan pembungkus khusus, jadi tidak cepat rusak apabila dimuat dalam tas bagi pembeli dari luar, sedangkan baju itu perawatannya sama halnya dengan kita merawat baju biasa,” jelasnya.

Untuk harganya tergantung ukuran dan kualitas kain untuk baju. Boneka Bekantan harganya 85.000, baju mulai dari harga 75.000 sampai 85.000. sedangkan gantungan kunci relatif terjangkau denga harga 7.500 per satunya.

Bagi anda yang tertarik, bisa datang di toko suvenir yang ada di Banjarmasin, oleh-oleh boneka bekantan, baju bekantan, maupun gantungan kunci sangat pas bagi wisatawan untuk dijadikan suvenir sebelum pulang meninggalkan Kalsel. (ee)

Side bar
Di Beri Pengawet Pakaian
Boneka, baju maupun gantungan kunci memang diperlukan perawatan agar terlihat masih bagus. Terlebih boneka bekantan. Oleh-oleh yang banyak di incar oleh wisatawan ini harus diberikan perawatan agar tetap bersih.

-       Apabila anda membeli, maka akan dibungkus dengan pembungkus khusus.
-      Apabila sudah kotor atau berbau, di cuci minimal sebulan sekali.
-      Agar boneka tetap awet, beri pengawet pakaian saat disimpan dilemari.
-     Tempatkan boneka ditempat yang kering. (ee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar