Sistem evaluasi tradisional telah membuka pikiran para ahli bahwa teknik evaluasi tradisional ini harus diperbaharui seiring berkembangnya organisasi atau perusahaan yang semakin maju, sehingga diperlukan sebuah teknik evaluasi yang dimana semua itu untuk memecahkan masalah bersama manajer dan karyawan untuk organisasi dan perusahaan yang lebih baik. Mengingat bahwa karyawan adalah manusia atau aset paling berharga didalam organisasi atau perusahaan.
Dalam buku “performance management” telah disebutkan dan dijelaskan bahwa ada beberapa teknik, sistematis atau cara bagaimana evaluasi itu dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan itu sendiri.
1.Teknis evaluasi 360 dejarat
Aneh memang kedengarannya, namun teknik ini mempunyai makna yang mendalam dan ditafsirkan bahwa 360 derajat itu adalah bundaran atau lingkaran yang tak berujung alias ujungnya tersambung dengan ujung yang kedua. Tehnik ini menjelaskan bahwa evaluasi didalam perusahaan dilakukan dengan melibatkan semua elemen yang ada didalam perusahaan atau lingkaran yang termasuk dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Ada manajer, karyawan, pemasuk dan pelanggan semua dilibatkan dalam evaluasi ini. Sehingga permasalahan dapat diidentifkasi sedetail mungkin. Nah inilah yang disebut dengan lingkaran dalam organisasi atau perusahaan.
Bersambung....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar