Rabu, 02 Mei 2012

Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa


Oleh : Muhammad Elhami
Ketua Umum LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Setiap kali menjelang dan datangnya bulan Mei, yaa bulan Mei begitu banyak menyimpan hari besar bagi Indonesia diantaranya adalah hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Tahun 2012 hari Pendidiakn Nasional kena pada hari Rabu. Panasnya terik matahari tak menyurutkan semangat para mahasiswa, karyawan, dosen dan petinggi Universitas Lambung Mangkurat untuk mengikuti serimonial apel memperingati hari Pendidikan Nasional dilapangan terbuka halaman Rektorat.

Apel peringatan ini selalu menjadi agenda wajib bagi Unlam setiap tahunnya. Berharap dengan apel ini sosialisasi mengenai pendidikan yang dicanagkan pemerintah yaitu Pendidikan Yang Berkarakter dapat diketahui, disosialisasikan kepada mahasiswa, karyawan, dosen dan petinggi-petinggi Unlam. Yaa Pendidikan Berkarakter merupakan agenda wajib pemerintah dalam menanamkan dan menumbuhkan kembangkan diruang lingkup yang tak hanya mahasiswa tapi seyogiyanya harus dimulai sejak dini yakni dimulai dari lingkungan keluarga.

Selain menggelar apel juga dilaksanakan sosialisasi dan Seminar Pendidikan Berkarakter oleh Unlam, acara yang dihadiri seluruh Pembantu Dekan III masing-masing Fakultas juga digawangi oleh Pembantu Rektor III sebagai pimpinan tertinggi. Ini merupakan langkah nyata untuk memberikan pemahaman kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk disampaikan kembali kepada anak didik.

Pendidikan karakter memang harus dilaksanakan sejak dini, namun tak ada kata terlambat dalam menanamkan karakter walaupun jalan sudah panjang ditempuh. Jujur, cerdas, tangguh dan peduli wajib dimiliki oleh generasi penerus bangsa ini. Tapi dilingkungan mahasiswa atau perguruan tinggi mulai darimana harus diterapkan pendidikan karakter ini? Nah inilah yang harus dirumuskan oleh pemangku kebijakan tertinggi yang ada di Unlam. Kita menginginkan jangan sampai hanya rumusan-rumusan yang telah dijabarkan tidak dilaksanakan atau malah tetinggal dalam ruangan seminar.

Saya rasa semua sepakat pendidikan karakter diperguruan tinggi ini harus dilakukan pada saat penerimaan mahasiswa baru pertama kali, paling tidak sosialisasi harus dilaksanakan untuk mengawali, kemudian diserahkan kemasing-masing fakultas, tak hanya sampai disitu, agama sebagai fundamental diri harus benar-benar diperhatikan oleh pihak yang terkait. Matakuliah agama lebih di insentifkan, lebih diprioritaskan. Agama adalah berisi nilai-nilai karekter apa yang pemerintah inginkan selama ini.

Nah inilah rumusan-rumusan yang berhasil dirangkum dari pertemuan seminar pada hari Selasa (1/5) Di Aula Rektorat Unlam. Menanamkan pendidikan karakter adalah tugas kita semua, tugas kita untuk generasi Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar