Kamis, 29 Maret 2012

Apakah Kamu Tahu ?...

Apakah kamu tahu ?...

Meminta maaf dan memaafkan itu bisa !
•    Melegakan hati

Bayangkan, jika kita marah atau sebel dengan seseorang teman, kita enggan bertemu atau berpas-pasan dengannya. Tetapi bila kita sudah berbaikan dan saling memaafkan, hati terasa lapang, tak ada yang mengganggu dihati. Kita pun tak perlu menghindar lagi. Kita sudah membuka lembaran hidup baru dan semangat baru dengan tidak mengingat-ngingat kesalahan yang pernah ada.
•    Kaya kasih sayang

Bila kita ikhlas memaafkan, sebenarnya kita telah memberikan sesuatu yang berharga yaitu kasih sayang. Bila kita meminta maaf, kita pun merasa kaya. Sebab kita masih mendapat kasih sayang, pertemanan pun disambung kembali.
•    Menang melawan diri sendiri

Meminta maaf dan memberi maaf sama-sama perbuatan mulia. Kita menjadi pemenang melawan emosi. Saat jengkel, kecewa, atau marah dengan seorang teman. Kita tak mau bertegur sapa dengannya. Saat-saat seperti itu emosi yang menang. Bila kita sudah memaafkan atau meminta maaf, kita sudah berhasil melawan emosi.
•    Berjiwa kesatria

Orang yang mau meminta dan memberi maaf adalah orang-orang yang berjiwa besar. Orang yang berjiwa besar sama dengan seorang kesatria. Sebab kita mau mengakui kesalahan dan meminta maaf. Begitu juga bila kita ikhlas memberi maaf kepada teman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar