Rabu, 25 April 2012

SKRIPSI


Kata seorang dosen “Jerih payah kita, nikmatnya kuliah, asem manisnya kuliah terlihat bagaimana hasil akhir dari tugas kita yaitu skripsi”. Skripsi bisa jadi sebagian mahasiswa adalah momok yang sangat menakutkan. Tak hanya itu bahkan kebingungan pun melanda. Mulai dari mencari judul, dapat dosen pembimbing, objek yang diteliti, sampai dengan seminar. Kesemua itu memiliki masa-masa yang sangat sulit. Bagaimanapun kurasa pikiran dan tenaga sepenuhnya kita tuangkan dan keluarkan untuk menghasilkan skripsi yang benar-benar skripsi sesungguhnya.
Aku pun sudah merasakan dan mencium aura tugas skripsi ini semakin hari semakin mendekat saja. Seyogiyanya mulai sekaranglah paling tidak di planning-kan untuk skripsi kita. Mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat hari itu dan tugas itu benar-benar sudah ditangan kita.
Kemudian temen-temanku pernah bilang juga ada sebagian dosen yang mengatakan bahwa mencari judul atau objek itu yang biasa-biasa saja, biar cepat selesai. “Ah kalau mengatakan begitu bisa membuat mahasiswa tidak termotivasi dalam mengerjakan skripsinya, bisa jadi mahasiswa hanya asal-asallan mengerjakannya, jangan sampai ada yang namanya plagiat dalam skripsi” Ujar kata temenku.
Aku setuju itu, skripsi merupakan cerminan mahasiswa itu sendiri, bagaimana tidak semua teori dan aplikasi dapat diterapkan dalam tugas skripsi ini. Skripsi itu murni tugas individu, murni kerja keras kita sendiri, murni hasil olah pikir sendiri dengan metode-metode ilmiah yang telah diatur.
Skripsi adalah tantangan menarik bagi mahasiswa, tantangan yang menurutku bisa menumbuhkan kedewasaan, menumbuhkan komunikasi, jaringan, dan perkembangan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan.
Nah, sobat tugas skripsi itu dinikmatin saja, yakin deh dengan usaha Lillahi Ta’ala, semua akan menghasilkan sesuatu yang indah. Percaya “Didalam kesulitan itu pasti akan ada kemudahan”
Lulus tanpa skripsi rasanya hambar deh ^_^

Muhammad Elhami
Ketua Umum LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar