Sabtu, 09 Juni 2012

Membaca dan Menulis


Seberapa penting aktivitas membaca dan menulis bagi kita?..
Membaca dan menulis dua hal yang tak dapat dipisahkan dalam peraktiknya, membaca saja dirasa belum cukup, tanpa menulisnnya, begitupun juga sebaliknya. Dua hal ini seakan-akan satu tubuh. Membaca tidak disertai dengan menulisnya maka kemungkinan besar hasil yang dibacanya akan lepas, hilang dan kabur. Karena menulis adalah kunci atau mengikat apa yang telah kita baca.

Sedangkan menulis saja tanpa membaca, bisa jadi apa yang dituliskan sesat dan tak ada arah yang dituju. Proses menulis harus didahului dengan membaca terlebih dahulu. Akan sangat aneh kan menulis tanpa membaca.

nah, lantas apa gunanya bagi kita membaca dan menulis?...
mencoba mengengok sejarah, bahwa wahyu pertama yang allah turunkan kebumi adalah iqra (bacalah) bahkan diulang sebanyak 3 kali oleh malaikat jibril. Ini menandakan bahwa membaca itu sangatlah penting. Dengan membaca ilmu pengetahuan akan kita dapatkan. Agar wahyu-wahyu allah tidak hilang begitu saja maka ditulislah hingga saat ini menjadi kitab, yaitu kitab al-qur’an.

Apa yang kita inginkan didunia ini bahkan diakhirat haruslah didahului dengan membaca, sampai disana belum lah cukup karena membaca hanya bersifat individu, artinya hanya untuk diri kita sendiri. Kemudian tulislah, nah dengan menulis inilah kita bersosialisasi dengan orang lain alias kita memberitahukan apa yang telah kita dapatkan dari hasil membaca kita, tapi yang perlu digarisbawahi adalah bahwa apa yang kita baca dan kita sebarkan keorang lain adalah hal positif yang membawa kebaikan.

Membaca dan menulislah maka kita akan kaya, kita akan menguasai ilmu pengetahuan. Dengan pengetahuan lah kita akan meraih kesuksesan dunia bahkan diakhirat.

Banjarmasin, 9 juni 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar