Rabu, 12 Desember 2012

Leaderchip Culture



Sosok seorang pemimpin hadir dalam sebuah organisasi adalah untuk mewujudkan sebuah visi organisasi yang telah ditetapkan dan dirumuskan. Maka diperlukan sebuah nilai atau value untuk mewujudkan visi menjadi nyata. 

Dalam sejarah tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keunggulan dalam nilai-nilai organisasi, namun nilai-nilai tersebut seiring berjalannya waktu terkikis oleh jaman, terlebih oleh jaman penjajahan. Jadi fakta yang terlihat sekarang adalah bahwa banyak pemimpin terlebih di Indonesia yang menyembunyikan keunggulan nilai-nilai kepemimpinannya kepada bawahannya. 

Karena dilandaskan dengan rasa takut bahwa bawahannya akan menjadi lebih pandai dari pemimpinnya. Sampai saat ini tantangan bagi setiap pemimpin yang unggul adalah kesediaannya untuk menjadikan nilainya menjadi budaya atau culture, dalam artian nilai tersebut menjadi milik organisasi. 

Sehingga setiap orang dalam organisasi menjadi pemimpin-pemimpin, minimal menjadi calon pemimpin. Dan terlebih menjadi pemimpin yang unggul dari sebelumnya-sebelumnya.

Barangkali, tidak ada profesi yang terpenting dalam peradaban umat manusia, kecuali profesi sebagai seorang pemimpin. Karena pemimpin adalah sesorang yang akan menjadikan sesuatu itu mewujud dan nyata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar